Kegiatan Kami

Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan di Yayasan Zad Al Insaniyyah Cipanas

  • 22Jan,2024

    Berbagi Bersama Wilayah Cianjur, STIQ ZAD Gelar ZAD Sharing 3.0

    Penulis : Muhammad Rafiif Fadholi - Zad Al Insaniyyah

    Foto Kegiatan Berbagi Bersama Wilayah Cianjur, STIQ ZAD Gelar ZAD Sharing 3.0

    ZADUNA, CIANJUR--STIQ ZAD Cianjur menggelar ZAD Sharing lll demi mewujudkan program bakti sosial bagi masyarakat Cianjur, Ahad (21/1/2024).

    Dengan tema "Kuatkan iman, bersihkan hati, jalin kebersamaan dalam berbagi", program yang dirancang oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIQ ZAD, merupakan salah satu bentuk kepedulian STIQ ZAD kepada masyarakat.

    Program ini dilaksanakan di kompleks STIQ ZAD, dengan target total mencapai 15.000 orang hadir serta berpartisipasi

    Program ini dihadiri oleh Kepala Desa Cibereum,   Asep Nahdoh, Pengurus Badan...

  • 09Jan,2024

    Bumikan Al-Qur’an, BEM STIQ ZAD Gelar Seminar Di SMKN 1 Cipanas

    Penulis : Aminuddin Ferdiansyah - STIQ ZAD

    Foto Kegiatan Bumikan Al-Qur’an, BEM STIQ ZAD Gelar Seminar Di SMKN 1 Cipanas
    ZADUNA, CIANJUR -- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIQ ZAD menggelar Seminar bertajuk "Milenium Pecinta Al-Qur'an" yang digelar di SMKN 1 Cipanas, Selasa (21/11/2023). Seminar ini dihadiri oleh Siswa dan Siswi SMKN 1 Cipanas. BEM mengundang Ustadz Wildan Fata Mubarok, S.Pd dan Ustadz Endang Hermawan, Lc., MA. sebagai pembicara dalam seminar ini. Ust.Wildan menyampaikan bahwa seseorang tidak akan tersesat jika berpegang teguh dengan dua hal. "Allah memerintahkan kepada kita untuk berpegang teguh dengan Al-Qur’an dan Sunah. Tidak akan pernah bisa baik umat ini kecuali dengan apa...
  • 24Oct,2023

    Ketua STIQ ZAD: Target STIQ ZAD Tebar 1 Juta Al-Qur’an Dan Buku Tafsir

    Penulis : Anhar Fadhillah Al Misri - STIQ ZAD

    Foto Kegiatan Ketua STIQ ZAD: Target STIQ ZAD Tebar 1 Juta Al-Qur’an Dan Buku Tafsir

    ZADUNA, CIANJUR - Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) ZAD Cianjur diberikan kepercayaan oleh Yayasan Darul Mukhtasor untuk menyalurkan Al-Qur’an wakaf ke beberapa daerah di Indonesia.

    STIQ ZAD merasa sangat bersyukur dan bahagia atas kepercayaan yang diberikan, itu terbukti lewat antusias paraCivitas Akademik STIQ ZAD dalam memindahkan mushaf-mushaf dari kontainer ke Gudang STIQ ZAD.

    “Alhamdulillah kita sangat bersyukur kepada Allah, karena ini adalah proyek besar. Dimana kita punya target untuk menyebarkan 1 juta mushaf Al-Qur&rs...

  • 02Oct,2023

    Ma'had Hamalatul Qur'an Karawang Studi Banding Ke STIQ ZAD, Tiga Santriwati Mendapatkan Jaminan Beasiswa Melalui PMB Luar Biasa

    Penulis : Anhar Fadhillah Al Misri - STIQ ZAD

    Foto Kegiatan Ma'had Hamalatul Qur'an Karawang Studi Banding Ke STIQ ZAD, Tiga Santriwati Mendapatkan Jaminan Beasiswa Melalui PMB Luar Biasa

    ZADUNA NEWS - Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan. Ma'had Hamalatul Qur'an Karawang melaksanakan kunjungan Studi Banding ke Kampus STIQ ZAD Cianjur. 

    Kunjungan Studi Banding ini dimulai dari jam 10:00 WIB hingga dzuhur di Auditorium STIQ ZAD Cianjur. Pada kunjungan tersebut, rombongan dari Ma'had Hamalatul Qur'an yang terdiri dari Mudir Ma'had, Kepala Tsanawiah, Kepala 'Aliyah, beberapa guru dan para santri kelas 3 aliyah disambut oleh Civitas Akade...

  • 02Aug,2023

    Berbeda Hari, Bukan Berarti Berbeda Tujuan. Yayasan ZAD Al-Insaniyyah Melaksanakan Sholat Idul Adha Dan Penyembelihan Hewan Kurban 1444 H

    Penulis : Syafiq Ashari - Zad Al Insaniyyah

    Foto Kegiatan Berbeda Hari, Bukan Berarti Berbeda Tujuan. Yayasan ZAD Al-Insaniyyah Melaksanakan Sholat Idul Adha Dan Penyembelihan Hewan Kurban 1444 H

    Cugenang  - (Rabu, 28 Juni 2023) Yayasan ZAD Al-Insaniyyah beserta seluruh lembaga dibawahnya merayakan Hari Raya Idul Adha dengan khidmat dan sukacita. Idul Adha, yang juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, merupakan salah satu perayaan paling penting dalam agama Islam. Keluarga Besar Yayasan ZAD Al-Insaniyyah Cipanas merayakan momen ini dengan melaksanakan sholat Ied, menyembelih hewan kurban dan berbagi daging kepada yang membutuhkan.

    Walaupun penetapan Hari Idul Adha tahun ini kembali berbeda antara Pemerintah dengan sebagian organisasi masyarakat. Dan pa...

  • 17Jul,2023

    Technologi Filtrasi dan Produksi Susu

    Penulis : David Anwar, S.Pt. - STIQ ZAD

    Foto Kegiatan Technologi Filtrasi dan Produksi Susu

    Al-Qur’an dan Sains - Ilmu Gizi dan Peternakan, Hampir semua orang menyukai susu. Selain rasanya manis, susu juga memiliki kandungan gizi seimbang sehingga sering dijadikan suplemen. Susu merupakan hasil ekstraksi kelenjar susu dari mamalia dan memiliki kandungan gizi tinggi. Dari definisinya kita mengetahui bahwa susu murni hanya dapat dihasilkan dari ekstraksi kelenjar susu, sedangkan sumber bahan ekstraksinya adalah darah. Siapa yang menyangka, susu yang warnanya putih, rasanya manis dan bergizi, ternyata bahan bakunya dari darah hewan bersangkutan.

    ...

  • 17Jul,2023

    Santriwati ZAD Pertama Peraih Bacaan Bersanad

    Penulis : Waskito - Markaz Tahfizh ZAD

    Foto Kegiatan Santriwati ZAD Pertama Peraih Bacaan Bersanad

    Profil Hafizhah MTZ - Hanunah Al-Jaba , Betapa bahagianya jika kita bisa membaca Al-Qur’an dengan sempurna, sesuai kaidah-kaidah ilmu Tajwid. Lebih bahagia lagi jika kita dikaruniai kemampuan menghafal Al-Qur’an sampai 30 juz. Dan lebih-lebih berbahagia lagi, jika kita bisa hafal Al-Qur’an 30 juz dengan cara membaca seperti yang diajarkan oleh Rasulullah kepada para Shahabat Radhiyallahu ‘Anhum.

    Itulah pentingnya bacaan BERSANAD. Kita belajar bacaan ini kepada seorang guru, guru kita belajar kepada gurunya, gurunya belaja...

  • 17Jul,2023

    Salwa Al-Badri Santriwati Tahfizh Dari Sukabumi

    Penulis : Waskito - Markaz Tahfizh ZAD

    Foto Kegiatan Salwa Al-Badri Santriwati Tahfizh Dari Sukabumi

    Profil Hafizhah MTZ - Salwa Al-Badri, Santriwati MTZ Putri yang satu ini bernama Salwa Al-Badri. Lahir di Sukabumi, 25 Oktober 2004. Usianya masih sekitar 15 tahun. Meskipun begitu dia telah menamatkan hafalan Al-Qur’an dalam masa sekitar tujuh bulan.

    Salwa dan keluarganya tinggal di Cisaat Sukabumi. Sama seperti Hanunah, Salwa pernah mengenyam pendidikan Tahfizh Al-Qur’an, di Khadijah Center For Qur’an Sukabumi. Dia belajar di sana sampai kelas III, kemudian melanjutkan ke MTZ Putri Cipanas.

    Saat Salwa masuk ke MTZ, dia baru memil...

  • 17Jul,2023

    Dindin Qomarudin Mahasiswa Asli Cianjur

    Penulis : Waskito - STIQ ZAD

    Foto Kegiatan Dindin Qomarudin Mahasiswa Asli Cianjur

    Profil Mahasiswa STIQ ZAD - Dindin Qomarudin, Mahasiswa STIQ ZAD ini bernama lengkap, Dindin Qomaruddin. Ia salah satu mahasiswa STIQ ZAD asli dari Cianjur. Rumahnya di Cibeber, tidak jauh dari Kota Cianjur.

    Sebelum menempuh studi di STIQ ZAD, Dindin telah menamatkan pendidikan pesantren di SMA IT Ihyaus Sunnah, asuhan Ustadz Abu Qotadah, di Tasikmalaya. Di sana pula Dindin berhasil menyelesaikan hafalan Al-Qur’an 30 juz setelah mengikuti program halaqah 2 tahun.

    Dindin tinggal di lingkungan yang mayoritas penduduknya petani atau pedagang....

  • 17Jul,2023

    Tidak Ada Kata Terlambat untuk Menghafal Al-Qur'an

    Penulis : Waskito - Markaz Tahfizh ZAD

    Foto Kegiatan Tidak Ada Kata Terlambat untuk Menghafal Al-Qur'an

    Profil Hafizhah MTZ - Jihan Nur Hidayah, Dia adalah seorang Hafizhah yang baru menyelesaikan masa pendidikan tahfizh-nya di Markaz Tahfizh Zad Cipanas. Jika dihitung dari bulan Agustus 2018, saat menyelesaikan hafalan 30 juz, Jihan Nur Hidayah membutuhkan waktu sekitar 6 bulan. Selesai hafalan pada 26 Februari 2019.

    Jihan adalah putri kedua dari tiga bersaudara, anak dari pasangan Lukmanul Hakim dan Hamimah. Lahir di Serang pada 2 Juni 1997. Kini tinggal di Banjar, Jawa Barat.

    Jihan telah mulai merintis hafalan sejak kelas III SMA, sek...

  • 17Jul,2023

    Proses Panjang Menjadi Seorang Hafizhah

    Penulis : Waskito - Markaz Tahfizh ZAD

    Foto Kegiatan Proses Panjang Menjadi Seorang Hafizhah

    Profil Hafizhah MTZ - Luthfiyah Fina Mufida

    Di usianya yang ke-18, Fina telah menyelesaikan hafalan Al-Qur’an 30 juz. Santriwati asal Jatinangor ini menuntaskan hafalan di MTZ Cipanas pada 15 Desember 2018, tahun lalu. Sejak MTZ mulai beroperasi, Fina membutuhkan waktu kurang dari lima bulan untuk selesaikan hafalan.

    Bukan berarti hafalan putri dari pasangan Masudin dan Sri Mulyanti ini bersifat instan. Tidak, bahkan dia telah merintis menghafal Al-Qur’an sejak masih usia SD kelas II. Fina sendiri lahir di Sumedang pada 26 Januari 2001, dan p...

  • 17Jul,2023

    Mencapai Target Hafalan Al-Qur'an dalam Waktu Cepat

    Penulis : Waskito - Markaz Tahfizh ZAD

    Foto Kegiatan Mencapai Target Hafalan Al-Qur'an dalam Waktu Cepat

    Alya Rahmayuni -  Santriwati MTZ dari Jambi ini termasuk yang berhasil menuntaskan hafalan Al-Qur’an lebih cepat. Sebulanan lalu dia masih memiliki hutang hafalan sekitar 5 juz lagi. Namun alhamdulillah, di awal April 2019, dia telah menamatkan hafalan 30 juz. 

    Waktu yang dibutuhkan Alya sekitar satu bulan, atau kurang, untuk menamatkan hafalan. Tentu hal ini merupakan prestasi yang membanggakan. Ke depan, Alya bermaksud memperbaiki kualitas hafalannya sampai mutqin (kuat hafalan). Selain itu, dia juga punya visi kuliah di perguruan t...

  • 17Jul,2023

    Pembangunan Sarana Gedung SMP-SMA ZAD IQBS

    Penulis : Waskito - SMP ZAD IQBS

    Foto Kegiatan Pembangunan Sarana Gedung SMP-SMA ZAD IQBS

    Proyek pembangunan sarana belajar yang sedang dilaksanakan oleh Yayasan Zad Al-Insaniyyah Cipanas saat ini ialah pembangunan gedung tiga lantai SMP-SMA Zad IQBS. Lokasinya di Kampus Zad Cugenang Cianjur bagian belakang. Hal ini selain terkait dengan pendidikan SMP ZAD IQBS yang segera dimulai, juga sesuai agenda pembangunan sarana belajar seperti yang direncanakan.

    Nantinya di komplek pendidikan ini akan berdiri gedung tiga lantai dan gedung-gedung pendukung. Sarana gedung ini akan difungsikan sebagai ruang kelas, asrama, kantor, perpustakaan, laboratorium sains (Kimia, Fisika, Bi...

  • 17Jul,2023

    Momen Special: Mahasiswa STIQ ZAD Cianjur Berhasil Meraih Sanad Qira'at

    Penulis : Waskito - STIQ ZAD

    Foto Kegiatan Momen Special: Mahasiswa STIQ ZAD Cianjur Berhasil Meraih Sanad Qira'at
    Setelah melalui proses panjang, akhirnya Muhammad Salman Al-Farisy, salah satu mahasiswa semester 2 Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) ZAD, berhasil meraih sanad qira’at yang bersambung sampai kepada Rasulullah . Mahasiswa yang biasa disapa Salman itu, meraih sanad langsung dari Syaikh Hany yang juga merupakan dosen di STIQ ZAD, pada Hari Ahad, 20 Mei 2018.
     
    Syaikh Hany yang memiliki nama lengkap, Hany Mohallal Sadek Youssef, adalah dosen native speaker d...
  • 14Jul,2023

    Tebar Paket Buka Puasa Ramadhan di Kampus STIQ ZAD

    Penulis : Waskito - STIQ ZAD

    Foto Kegiatan Tebar Paket Buka Puasa Ramadhan di Kampus  STIQ ZAD

    Alhamdulillah, dengan karunia Allah Subhanahu wa Ta’ala, Yayasan Zad Al-Insaniyyah Cipanas selama bulan Ramadhan 1440 H ini, melakukan tebar paket buka puasa (ifthar). Kegiatan dipusatkan di Kampus ZAD Cugenang Cianjur, dimulai setiap jelang adzan Maghrib.

    Mayoritas peserta adalah para mahasiswa STIQ ZAD, keluarga besar ZAD, dan jamaah masyarakat sekitar. Jamaah yang melaksanakan shalat Maghrib di Masjid ZAD diberikan paket buka puasa.

    Setiap hari dibagikan sekitar 315 paket makan buka puasa. Sebagian untuk mahasiswa, dosen, kary...

Yayasan Zad Al-Insaniyyah Cipanas Copyrights © All rights reserved. Tim IT Zad Al Insaniyyah