• Program Pendidikan

    Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur'an & Tafsir ZAD


    Sebuah lembaga pendidikan tinggi yang fokus pada Tafsir dan Studi Al Quran. Lembaga ini berdiri berkat kerjasama dengan Akademi Tafsir di Saudi Arabia.


    Sejarah Singkat

    Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur`an (STIQ) ZAD didirikan oleh Yayasan ZAD Al-Insaiyyah Cipanas. Sedangkan Yayasan ZAD Al-Insaniyyah Cipanas diprakarsai oleh salah seorang Profesor Ilmu Tafsir dari Al-Qasheem University, KSA, pada tanggal 17 Oktober 2013. Berdiri secara resmi dengan SK Menkumham No. AHU 10117.50.10.2014. Berkantor di Jalan Nasional 11, Kp. Cibeureum, RT. 01/01, Desa Cibeureum, Kec. Cugenang, Kab. Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

    Pada mulanya, yayasan hanya mengelola panti asuhan yatim piatu yang berorientasi pada pengembangan dan pendidikan mereka, sehingga mampu menjadi pribadi yang mandiri, kemudian pada tahun 2015 yayasan menaungi salah satu pesantren SMP/SMA Al-Imam yang berlokasi di Kec. Cikembar Kab. Sukabumi Prov. Jawa Barat.

    Kemudian setelah sukses mengembangkan pola dan sistem pendidikan setingkat SMP/SMA, pada tahun-tahun berikutnya Yayasan ZAD Al-Insaniyyah Cipanas mulai memprakarsai pendirian Ma’had Aly ZAD, sebuah lembaga pra kuliah berbasis Al-Quran dan Bahasa Arab yang berlokasi di Jalan Nasional 11, Kp Cibeureum, RT. 01/01, Desa Cibeureum, Kec. Cugenang, Kab. Cianjur, Provinsi Jawa Barat di atas tanah wakaf seluas 5325 m2.

    Di awal perintisan lembaga pra kuliah ini, yayasan mendapatkan sambutan yang hangat dari dua lembaga terkemuka dunia: (1) Akademi Tafsir dan (2) Universitas Al-Qasheem yang keduanya berpusat di Saudi Arabia. Kedekatan dua lembaga tersebut mendorong pengelola yayasan untk mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) ZAD, dengan tujuan menghasilkan sarjana muslim yang berkompeten dalam bidang ilmu al-Qur’an dan tafsir, terampil menerjemahkan, menjelaskan tafsir al-Qur’an, dengan kemampuan mengkaji literatur klasik maupun kontemporer berbahasa arab dengan baik dan benar, serta mampu berkomunikasi dalam bahasa arab aktif. Itu semua, dicanangkan agar lulusan menjadi kader da’i yang mendakwahkan Islam kepada masyarakat.

    Maka untuk melebarkan kiprah yayasan dalam bidang pendidikan ilmu al-Qur’an dan tafsir, Yayasan ZAD al-Insaniyyah Cipanas mengajukan pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an, Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, dengan nama STIQ ZAD (sebagaimana diuraikan dalam proposal pendirian STIQ ZAD), bekerja sama dengan Akademi Tafsir di Timur Tengah (Saudi Arabia).



    Visi

    Mewujudkan Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an yang unggul, berkualitas, dan bertaraf Internasional serta menjadi Lembaga Pendidikan percontohan dalam bidang Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir di Indonesia pada tahun 2030.



    Misi

    Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, pengembangan, dan pengabdian masyarakat dalam bidang Ilmu Al-Qur'an & Tafsir di Dunia Islam.

    Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir yang didukung oleh program pembinaan pesantren mahasiswa (ma'had al-jami'ah).

    Membangun kerjasama dengan Lembaga-Lembaga yang bergerak di bidang Ilmu Al-Qur'an & Tafsir dalam skala nasional dan internasional.

    Menjadi lembaga pusat penelitian ilmiah dalam bidang Ilmu Al-Qur'an & Tafsir di Dunia Islam.

    Membantu pencapaian tujuan pendidikan baik nasional dan internasional di dunia Islam dalam mewujudkan masyarakat yang beriman dan bertakwa dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan menyiapkan tenaga profesional di bidang Ilmu Al-Qur'an & Tafsir.



Kunjungi Website Resmi STIQ ZAD

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur'an ZAD klik tombol berikut untuk membuka website

Yayasan Zad Al-Insaniyyah Cipanas Copyrights © All rights reserved. Tim IT Zad Al Insaniyyah