Kegiatan Kami

Berikut adalah kegiatan yang telah dilaksanakan di Yayasan Zad Al Insaniyyah Cipanas

  • 02Aug,2023

    Berbeda Hari, Bukan Berarti Berbeda Tujuan. Yayasan ZAD Al-Insaniyyah Melaksanakan Sholat Idul Adha Dan Penyembelihan Hewan Kurban 1444 H

    Penulis : Syafiq Ashari

    Foto Kegiatan Berbeda Hari, Bukan Berarti Berbeda Tujuan. Yayasan ZAD Al-Insaniyyah Melaksanakan Sholat Idul Adha Dan Penyembelihan Hewan Kurban 1444 H

    Cugenang  - (Rabu, 28 Juni 2023) Yayasan ZAD Al-Insaniyyah beserta seluruh lembaga dibawahnya merayakan Hari Raya Idul Adha dengan khidmat dan sukacita. Idul Adha, yang juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, merupakan salah satu perayaan paling penting dalam agama Islam. Keluarga Besar Yayasan ZAD Al-Insaniyyah Cipanas merayakan momen ini dengan melaksanakan sholat Ied, menyembelih hewan kurban dan berbagi daging kepada yang membutuhkan.

    Walaupun penetapan Hari Idul Adha tahun ini kembali berbeda antara Pemerintah dengan sebagian organisasi masyarakat. Dan pada kesempatan ini, Yayasan ZAD Al-Insaniyyah memiliki hari yang berbeda dengan Pemerintah setelah melakukan ijtihad. namun Pemerintah tetep berusaha menjaga persatuan semua elemen masyarakat yang ada. Bahkan Pemerintah memberikan hari libur untuk yang berbeda waktu pelaksanaan Hari Raya Idul Adha.

    Tentunya kita sangat mengapresiasi kebijakan ini. Masyarakat diharapkan lebih bijak dan toleran dalam perbedaan atau khilaf yang terjadi, karena masalah ini masuk ranah ijtihad. 

    Karena berbeda hari bukan berarti berbeda tujuan. Selain itu juga Pemerintah telah melegitimasi kebolehan untuk berbeda hari dengan Pemerintah. Maka hendaknya kita semakin dewasa dalam beragama. Jangan sampai lisan kita tajam kepada saudara seiman, namun melempem di hadapan musuh-musuh Islam.

    Di berbagai masjid dan mushola di seluruh Indonesia, ribuan jamaah berkumpul sejak pagi hari untuk melaksanakan shalat Idul Adha. Shalat ini dipimpin oleh imam dan dihadiri oleh seluruh umat Islam yang berpakaian rapi dan bersemangat. Takbir berkumandang di udara, menciptakan suasana penuh kekhidmatan dan keagungan.

    Setelah shalat, ritual penyembelihan hewan kurban dilakukan oleh para jamaah yang telah melakukan pembagian kuota kurban sebelumnya. Umat Muslim membawa hewan kurban mereka, seperti sapi, domba, atau kambing, ke tempat yang telah ditentukan untuk penyembelihan. Hewan kurban disembelih dengan penuh penghormatan dan mengikuti tata cara yang ditetapkan.

    Daging kurban kemudian dibagikan kepada fakir miskin, janda, anak yatim, dan mereka yang membutuhkan dalam bentuk paket daging. Masyarakat muslim juga berbagi daging kurban dengan tetangga, kerabat, dan teman-teman, memperkuat ikatan sosial dan mempererat hubungan antarmanusia.

    Selain itu, di berbagai daerah, acara khusus dan festival digelar dalam rangka merayakan Idul Adha. Parade kuda dan kendaraan hias, perlombaan, dan pesta makanan tradisional menjadi daya tarik bagi masyarakat setempat. Pada kesempatan ini, orang-orang mengenakan pakaian yang indah dan berhias, menunjukkan semangat sukacita dan kebersamaan.

    Pemerintah juga menyambut Idul Adha dengan memberikan perhatian khusus pada kesejahteraan masyarakat. Program bantuan pangan dan kegiatan sosial diselenggarakan untuk membantu mereka yang membutuhkan, terutama di daerah yang terpencil dan kurang mampu.

    Hari Raya Idul Adha bukan hanya merupakan momen ibadah, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai seperti pengorbanan, kepedulian sosial, dan berbagi dengan sesama. Selama perayaan ini, masyarakat Indonesia merasa bersyukur atas nikmat yang diberikan dan berupaya untuk menjaga semangat saling membantu dan berbagi dalam kehidupan sehari-hari.

    Semoga semangat Idul Adha terus menerangi dan menginspirasi kita semua dalam menjalani kehidupan dengan penuh pengorbanan dan kebaikan. Selamat Hari Raya Idul Adha kepada seluruh umat muslim di Indonesia.

Kegiatan Terbaru

Yayasan Zad Al-Insaniyyah Cipanas Copyrights © All rights reserved. Tim IT Zad Al Insaniyyah

cianjur