Pembangunan Sumur

Yayasan Zad Al-Insaniyyah Cipanas

  • Profil Program


    Yayasan ZAD Al-Insaniyyah Cipanas, adalah Yayasan Islami yang konsentrasi pada program dakwah, pendidikan dan sosial yang meringankan beban seorang muslim, dan membantu mereka dalam kehidupan hingga meraih kehidupan yang mulia. Yayasan ini merupakan yayasan pendidikan dan sosial yang telah didirikan untuk melayani umat, sejalan dengan visi dan misi yayasan di bidang pendidikan al-Qur’an dan bidang sosial kemasyarakatan.

    Maka bertolak dari visi dan misi Yayasan ini, Yayasan melaksanakan program-program sosial kemasyarakatan, di antaranya: penggalian sumur di wilayah masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Yayasan telah melaksanakan banyak proyek penggalian sumur di seluruh Indonesia, lebih dari tujuh puluh sumur semenjak pendirian yayasan ini pada tahun 2014.

  • Keutamaan Amal Menggali Sumur


    Keutamaan menggali sumur untuk orang-orang yang membutuhkan, termasuk keumuman keutamaan memberikan pengairan bagi mereka, dimana keutamaannya telah disebutkan dalam nas-nas syar’iyyah dari al-Qur’an dan hadits Nabawiyyah. Bahkan ia termasuk seutama-utamanya sedekah jariyyah, karena keutamaan memberikan air untuk orang-orang yang membutuhkan, didasarkan pada dalil al-Qur’an dan al-Sunnah al-Nabawiyyah:

    Dalil Al-Qur’an & Al-Sunnah Al-Nabawiyyah Berkenaan dengan Keutamaan Menyedekahkan Air

    Di antara kebutuhan untuk memelihara jalannya kehidupan, ada tiga unsur utama: udara yang paling asasi, dimana Allah memberikannya bebas bagi manusia, tanpa harus membelinya, kemudian air, dimana Allah menjadikan segala sesuatu hidup, berdasarkan firman Allah Swt:

    وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّ ۖ أَفَلَا يُؤْمِنُونَ {سورة الأنبياء: ٣٠}

    “Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?” (QS. Al-Anbiyâ’ [21]: 30)

    Ibn Abbas r.a. pernah ditanya: “Sedekah apakah yang paling utama?” Ia menjawab: “Air, bukankah engkau membaca bagaimana penduduk neraka meminta pertolongan penduduk surga:

    وَنَادَىٰ أَصْحَابُ النَّارِ أَصْحَابَ الْجَنَّةِ أَنْ أَفِيضُوا عَلَيْنَا مِنَ الْمَاءِ أَوْ مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ {سورة الأعراف: ٥٠}

    “Dan penghuni neraka menyeru penghuni surga: “Limpahkanlah kepada kami sedikit air atau makanan yang telah dirizkikan Allah kepadamu.” (QS. Al-A’râf [7]: 50)

    Al-Hafizh al-Qurthubi (w. 671 H) dalam tafsirnya menjelaskan: “Di dalam ayat ini terdapat petunjuk bahwa memberikan air, termasuk seutama-utamanya amal shalih.”

    Al-Qurthubi pun menukil perkataan sebagian ulama tabi’in:

    «من كثرت ذنوبه؛ فعليه بسقي الماء»

    “Barangsiapa banyak dosanya, hendaknya ia menyedekahkan aliran air.”

    Kemudian Al-Qurthubi menjelaskan: “Sungguh Allah telah mengampuni dosa-dosa orang yang memberikan air pada anjing, lalu bagaimana dengan orang yang memberikan air pada seorang mukmin dan bertauhid dan memberikan penghidupan padanya?” (Al-Jâmi’ li Ahkâm al-Qur’ân, VII/215)

    Diperkuat dalil besarnya ganjaran meskipun sedikit kontribusi yang diberikan dengan di balik perbuatan membeli wadah berisi air dan perbuatan bersedekah dengannya, dari Abu Hurairah r.a., ia berkata: Nabi ﷺ bersabda:

    «لَيْسَ صَدَقَةٌ أَعْظَمَ أَجْرًا مِنْ مَاءٍ»

    “Tidak ada sedekah yang lebih agung pahalanya daripada sedekah air.” (HR. Al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman, lihat pula: Shahih al-Jami’, 960)

    Perbuatan menyedekahkan air pun termasuk seutama-utamanya sedekah jariyyah untuk mayit (orang yang sudah meninggal): Sa’ad bin ‘Ubadah r.a. datang dan berkata: “Wahai Rasulullah ﷺ, sesungguhnya ibuku telah wafat, dan belum berwasiat apapun, apakah bermanfaat jika saya bershadaqah untuknya?” Rasulullah ﷺ bersabda:

    «نَعَمْ، وَعَلَيْكَ بِالْمَاءِ»

    “Ya, hendaklah engkau bersedekah dengan air.” (HR. Al-Thabarani dalam al-Awsath, dishahihkan oleh al-Albani dalam Shahih al-Targhib)

    Dan berdasarkan pentingnya kedudukan air dalam kehidupan, maka relevan ketika Allah menjadikan sedekah pengairan termasuk sedekah paling agung dan mulia. Ia termasuk gambaran dari gambaran peradaban tinggi, dan gambaran dari sikap mensyukuri nikmat Allah yang Allah Ta’ala anugerahkan atas orang yang berkontribusi di dalamnya. Maka terang benderang bagi kita, bahwa pemikiran menginisiasi program sosial ini (penggalian sumur sebagai sedekah air untuk masyarakat), merupakan pemikiran yang bagus, dimana di dalamnya terkandung keutamaan yang besar. []

Mari Berdonasi

Jagalah hartamu dengan zakat dan obatilah sakitmu dengan bersedekah

Copyrights © 2019 Yayasan Zad Al-Insaniyyah Cipanas. All rights reserved.