STIQ ZAD CIANJUR

Yayasan Zad Al-Insaniyyah Cipanas

  • Asas

    STIQ ZAD adalah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an berasaskan alQur’an dan al-Sunnah.

  • Visi

    “Mewujudkan Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an yang unggul dan berkualitas, serta menjadi lembaga pendidikan percontohan dalam bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir di Indonesia pada tahun 2025”

  • Misi


    1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, pengembangan, dan pengabdian masyarakat dalam bidang Ilmu Al-Qur’an & Tafsir;

    2. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang Ilmu AlQur'an dan Tafsir, yang didukung oleh program pembinaan pesantren mahasiswa (ma'had al-jami'ah);

    3. Membangun kerjasama dengan lembaga-lembaga yang bergerak di bidang Ilmu Al-Qur’an & Tafsir dalam skala nasional dan internasional;

    4. Menjadi lembaga pusat penelitian ilmiah dalam bidang Ilmu AlQur’an & Tafsir. ں Membantu pencapaian tujuan pendidikan nasional dalam mewujudkan masyarakat yang beriman dan bertakwa, dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan menyiapkan tenaga profesional di bidang ilmu Al-Qur’an & Tafsir.

  • Tujuan


    1. Menghasilkan Sarjana yang yang hafal Al-Qur’an 30 Juz bersanad serta berkompeten dan profesional dalam bidang Ilmu Al-Qur’an & Tafsir;

    2. Menghasilkan Sarjana yang aktif berkarya di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat;

    3. Menyiapkan pribadi qur’ani yang memasyarakatkan nilainilai Al-Qur’an;

    4. Ikut berperan aktif dalam mewujudkan masyarakat yang qur’ani dan rabbani.

  • Program Unggulan


    STIQ ZAD Cianjur memiliki potensi-potensi yang bisa diunggulkan dalam penyelenggaraan pendidikan ilmu alQur’an dan tafsir (baik tingkat lokal maupun nasional), demi mendukung program pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional dan peningkatan mutu pendidikan:

    1. Pemberian beasiswa untuk mahasiswa selama masa pendidikan (4 Tahun);

    2. STIQ ZAD Cianjur terakreditasi BAN-PT, dengan penyelenggaraan pendidikan STIQ ZAD Cianjur bekerja sama dengan Akademi Tafsir Saudi Arabia;

    3. Proses pendidikan didukung tenaga pendidik yang berpengalaman dan berkompeten di bidang ilmu alQur’an dan tafsir, dari dalam dan luar negeri;

    4. Penyelenggaraan pendidikan STIQ ZAD Cianjur disinergikan dengan program pesantren kampus (ma’had al-jami’ah), dengan tersedianya fasilitas asrama bagi para mahasiswa, sebagaimana intruksi Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Pusat RI, no: Dj.I/Dt.I.IV/PP.00.9/2374/2014, tanggal 30 September 2014;

    5. Penyelenggaraan pendidikan dan penyusunan kurikulum bekerjasama dengan Akademi Tafsir ternama di Saudi Arabia, dengan tetap memperhatikan pedoman penyusunan kurikulum yang dicanangkan Pemerintah, demi mendukung pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional;

    6. Bahasa Arab digunakan sebagai bahasa pengantar KBM (kegiatan belajar mengajar), serta bahasa pengantar harian selama masa pendidikan;

    7. Seluruh mahasiswa akan diprogram menjadi hafizh al-Qur’an 30 juz serta menguasai ilmu tafsir dan ilmu-ilmu al-Qur’an lainnya, dimana mahasiswa yang telah hafal al-Qur’an 30 juz akan diberikan kesempatan mengambil sanad al-Qur’an bersambung (muttashil) kepada Rasulullah –shallallâhu ’alayhi wa sallam- dari seorang ulama pakar di bidang Qirâ’at ’Asyarah, Dr. Sameh Salem Abdelhamid Salem, Lc., MA.

  • Kompetensi Mahasiswa


    STIQ ZAD Cianjur telah mencanangkan target pencapaian kompetensi yang harus diraih oleh mahasiswa ketika menyelesaikan proses pendidikan. Maka untuk menunjang target pencapaian tersebut, STIQ ZAD Cianjur mencanangkan kualifikasi mahasiswa pada tahap awal pendaftaran sebagai berikut:

    • Berkepribadian Islam;

    • Berusia maksimal 25 tahun;

    • Hafal al-Qur’an minimal 5 juz;

    • Memiliki kemampuan berbahasa arab.

    Kualifikasi ini sesuai dengan target pencapaian kompetensi yang dicanangkan STIQ ZAD dengan Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, sehingga diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat terhadap sarjana Strata Satu di bidang Ilmu al-Qur’an dan Tafsir yang berkualitas, dengan target kompetensi sebagai berikut:

    • Melahirkan kader ulama dan juru dakwah (da’i) yang memiliki bekal ilmu-ilmu keislaman, terutama ilmu al-Qur’an dan tafsir, dengan hafalan al-Qur’an 30 juz bersanad;

    • Memiliki kemampuan menerjemahkan dan menjelaskan tafsir al-Qur’an;

    • Memiliki kemampuan mengembangkan pembelajaran ilmu al-Qur’an dan tafsir, melalui penelitian dan pengalaman mengabdi di tengah-tengah masyarakat;

    • Menguasai bahasa arab: baik lisan maupun tulisan, mencakup empat mahârât lughawiyyah:
      (1)   Mendengarkan (mahârat alistimâ’);
      (2)   Membaca (mahârat al-qirâ’ah);
      (3)   Berbicara (mahârat al-kalâm);
      (4)   Menulis (mahârat al-kitâbah);

    • Mampu mengkaji literatur klasik dan kontemporer berbahasa Arab dengan baik dan benar, khususnya di bidang ilmu alQur’an dan tafsir.

  • Kurikulum


    Kurikulum dalam struktur pembelajaran merupakan salah satu aspek terpenting dalam menentukan kualitas peserta didik, karena kurikulum merupakan salah satu unsur terpenting penentu keberhasilan pencapaian visi misi dan tujuan yang dicanangkan, termasuk dalam menunjang pencapaian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

    Maka dari itu, STIQ ZAD Cianjur merumuskan struktur kurikulum, yang dirumuskan oleh para ahli, dibawah bimbingan profesor di bidang tafsir al-Qur’an dari salah satu Akademi Tafsir ternama di Saudi Arabia, dikolaborasikan dengan tuntutan kurikulum dari Pemerintah, demi menunjang pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional.

    Berdasarkan Kepmendiknas 232 Tahun 2000 tentang Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi; beban studi program sarjana (Strata 1) minimal 144 (seratus empat puluh empat) SKS, dan maksimal 160 (seratus enam puluh) SKS, dijadwalkan untuk masa studi 4 tahun atau 8 semester. SKS (satuan kredit semester) adalah alokasi waktu yang menggambarkan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, pengalaman belajar dan beban penyelenggaraan program.

    Dan untuk mencapai standar kompetensi lulusan, para mahasiswa dibina dengan sistem pembinaan yang komperhensif; sistem pembinaan keasramaan (ma’had al-jami’ah), yang menjadikan bahasa arab aktif sebagai bahasa keseharian, baik dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) maupun bahasa percakapan sehari-hari, ditunjang keberadaan para pengajar asing penutur asli berbahasa arab (native speaker atau nâthiqîna bi al-lughah al-’arabiyyah), dan pengajar dari dalam negeri lulusan Timur Tengah, dan STIQ ZAD Cianjur, didukung oleh kurikulum Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir yang telah disusun, sebagaimana tergambar dalam tabel distribusi mata kuliah semester I s.d. VIII berikut ini:

  • Sarana & Prasarana


    Ketersediaan sarana dan prasarana sangat menunjang penyelenggaraan pendidikan di Perguruan Tinggi, mencakup tanah, gedung perkuliahan dan fasilitas sarana prasarana lainnya. Oleh karena itu, STIQ ZAD Cianjur dibangun dengan fasilitas memadai mencakup:

    • Tanah hak milik seluas 15.453 m2;

    • Gedung perkuliahan berikut sarana dan prasarana di dalamnya; ruang ketua, ruang dosen, kelas-kelas, laboratorium, perpustakaan;

    • Fasilitas sarana prasarana lainnya, mencakup masjid s.d. gazeboo, yang mendukung proses pembelajaran di lingkungan STIQ ZAD Cianjur.

  • Rekomendasi


    PEMERINTAH KABUPATEN CIANJUR

    “Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an dibutuhkan keberadaannya oleh masyarakat Kabupaten Cianjur, karena Program Studi Ilmu AlQur'an dan Tafsir yang akan dibuka oleh STIQ ZAD belum dimiliki oleh Perguruan Tinggi lainnya di Kabupaten Cianjur.”

    REKOMENDASI DARI KEMENAG KABUPATEN CIANJUR

    “Program studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir yang akan dibuka oleh STIQ ZAD adalah program yang belum dimiliki oleh perguruan tinggi lainnya di Kabupaten Cianjur.”; “Potensi perkembangan pesantren dan Lembaga Pendidikan al-Qur'an di Kabupaten Cianjur sangat besar sehingga memerlukan sumber daya manusia lulusan perguruan tinggi yang ahli di bidang Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir untuk Lembaga pendidikan dan masyarakat di Kabupaten Cianjur.”

    REKOMENDASI DARI KOPERTAIS WIL. II JABAR & BANTEN

    “Setelah dilakukan desk evaluation dan assessment lapangan dan dinyatakan telah memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan yang berlaku, maka dengan ini kami sampaikan surat rekomendasi pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an (STIQ) ZAD Cianjur. Jenjang Pendidikan Program Sarjana (S.1) Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IQT).”

Mari Berdonasi

Jagalah hartamu dengan zakat dan obatilah sakitmu dengan bersedekah

Copyrights © 2019 Yayasan Zad Al-Insaniyyah Cipanas. All rights reserved.