Kuttab Zad

Yayasan Zad Al-Insaniyyah Cipanas

  • Profil Singkat

    Sekolah Dasar dianggap sebagai jenjang pertama yang dimasuki para siswa untuk belajar semenjak dini, ia merupakan jenjang untuk membentuk kedisiplinan, dimana seluruh siswa dengan beragam strata sosial, ekonomi, menempuh pendidikan tersebut, ia termasuk tahapan paling pending dalam kehidupan manusia untuk membentuk kepribadian yang Islami.

    Maka bertolak dari pandangan pentingnya kedudukan ilmu bagi setiap insan, Yayasan Zad al-Insaniyyah Cipanas berinisiasi mendirikan SD ZAD IIFS sejalan dengan tujuan pendiriannya, yakni melayani kepentingan umat dalam pendidikan al-Qur’an, sebagaimana ia pun telah sukses mendirikan dua jenjang sekolah: SMP & SMA pada tahun 2018, dan sebelumnya, mendirikan STIQ ZAD pada tahun 2017.

    Sekolah ini berjalan sebagaimana dahulu terdapat kuttab dalam sejarah umat Islam, yang merupakan sekolah untuk mendidik anak-anak; ilmu membaca, menulis dan menghafalkan al-Qur’an.

    Sekolah ini berlokasi di puncak (dengan ketinggian sekitar 400 meter DPL) dengan suhu sejuk (sekitar 15–200 C), menjadi tempat yang sangat kondusif untuk menghafal Al-Qur'an. Dan berlokasi di area strategis karena mudah dijangkau terletak di antara jalur Cianjur-Cipanas, tepatnya di Jalan Nasional Cipanas – Cianjur (7 Km dari Cipanas ke arah Cianjur), Desa Cibeureum Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

  • Asas

    Asas berdirinya SD ZAD (IIFS) adalah akidah Islam, dengan program-program pembelajaran al-Qur’an, hingga disusun materi pelajaran dan metode pembelajarannya yang seluruhnya selaras dengan asas tersebut, sedikit pun tidak melenceng darinya, untuk membentuk generasi qur’ani yang terbiasa menghafalkan al-Qur’an semenjak dini, karena jenjang SD merupakan jenjang pertama nan asasi, dimana para siswa memasukinya untuk meraih pendidikan, di dalamnya mereka memulai hafalan al-Qur’an al-Karim, mempelajari ilmu membaca dan menulis yang benar.

    Bertolak dari asas ini pula, SD ini menjadikan materi hafalan al-Qur’an termasuk materi harian, hingga setiap siswa terbiasa menghafalkan al-Qur’an semenjak dini. Ditetapkan pula materi-materi pelajaran yang terdiri dari ilmu-ilmu ke-Islaman yang sesuai untuk masa anak-anak (dasar), bahasa, dan ilmu-ilmu umum semisal matematika, dan ilmu-ilmu lainnya yang diperlukan dalam kehidupan dimana siswa membutuhkannya, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

    Program pendidikan, didukung oleh kegiatan ekstra kurikuler yang sejalan dengan asas dan visi sekolah. Didukung dengan pembiasaan bahasa harian dengan bahasa internasional, yakni bahasa Arab dan bahasa Inggris, dimulai dari pelajaran yang sangat dasar, yang sesuai dengan usia ibtida’iyyah.

  • Visi

    “Menjadi Lembaga Pendidikan Dasar Formal Terdepan Yang Mencetak Generasi Penghafal Al-Qur'an Berakhlak Islami di Indonesia Tahun 2030”

  • Misi


    1. Menyelenggarakan pendidikan umum yang khas dengan program-program pendidikan al-Qur’an, untuk membentuk para siswa yang terbiasa menghafalkan al-Qur’an semenjak dini;

    2. Menyelenggarakan pendidikan yang menjunjung tinggi akhlak mulia, sehingga mendukung program pembentukan kepribadian Islam pada diri setiap siswa;

    3. Membentuk generasi qur’ani yang hidup dengan al-Qur’an sehari-hari semenjak dini.

  • Tujuan


    1. Membentuk siswa menjadi pribadi yang berpegang teguh pada al-Qur’an dan al-Sunnah semenjak dini;

    2. Membentuk siswa yang terbiasa menghafalkan al-Qur'an;

    3. Membentuk siswa yang lurus akidahnya, benar ibadahnya;

    4. Membentuk siswa yang terbiasa berbahasa Arab dan Inggris, baik dalam perkataan maupun pendengaran;

    5. Membentuk siswa yang beradab, mandiri dan kreatif;

    6. Membentuk siswa yang siap melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

  • Keunggulan


    1. Tenaga Pengajar yang berpengalaman dan berkompeten lulusan dalam negeri dan luar negeri, yang berpengalaman dalam pengajaran dan pendidikan;

    2. Target pembiasaan menghafal al-Qur’an semenjak dini, dengan bacaan dan hafalan yang shahih;

    3. Ijazah formal Kemendiknas yang terdaftar di Pemerintahan;

    4. Lokasi yang kondusif dan sangat mudah di jangkau transportasi;

    5. Bahasa komunikasi sehari-hari dengan bahasa Arab dan bahasa Inggris;

    6. Kampus yang permanen milik Yayasan;

    7. Biaya sangat terjangkau;

    8. Kampus yang permanen;

    9. Dekat lokasi wisata cipanas (Taman Bunga Nusantara, Kebun Raya Cibodas, Puncak Dua);

    10. Terdapat program Full Day School.

  • Tenaga Pengajar


    Untuk mendukung visi dan misi SMP Tahfidz Zad yang mencetak para penghafal Al-Qur'an yang mutqin maka didukung dengan seorang Doktor Ahli Tafsir dan Qira'ah dari Mesir yang mempunyai sanad Al-Qur'an sampai Rasulullah Shalallahu 'Alaihi Wa Sallam: Dr. Sameh Salim Abdul Hamid Salim dan natife speaker dari Mesir: Hani M.Shadiq serta didukung dengan para pengajar yang berkompeten dalam ilmu syar'i dari para alumni Universitas Al-Azhar, Universitas Islam Madinah, STIBA Ar-Rayah, LIPIA Jakarta, dan Perguruan Tinggi Negeri Umum baik lulusan S1 atau S2 dan mahasiswa terpilih STIQ ZAD. diantaranya:

    1. Dr. Sameh Salem Al-Mishri;

    2. Hany Mohallal Sadek Al-Mishri, Lc.;

    3. Adha Saputra, Lc, M.E.;

    4. Irfan Rhamdan Wijaya, S.Pd, M.Pd.;

    5. Muhammad Aqil Rabbani, S.Pd.;

    6. Ahmad Haris, S.Pd.;

    7. Mukhlish, Lc.

Mari Berdonasi

Jagalah hartamu dengan zakat dan obatilah sakitmu dengan bersedekah

Copyrights © 2019 Yayasan Zad Al-Insaniyyah Cipanas. All rights reserved.