Portal Berita

Yayasan Zad Al-Insaniyyah Cipanas

  • 08Aug,2019

    Renal Rizki Fauzan: Datang dari Ujung Sumatera

    Mahasiswa STIQ ZAD satu ini termasuk berasal dari tempat terjauh, dari Sigli Aceh Utara. Namanya Renal Rizki Fauzan. Biasa dipanggil Renal. Lahir di Simpang Ulir, pada 20 tahun lalu, dari pasangan orangtua Muhammad dan Ernita. 

     

    Renal termasuk salah satu saksi mata bencana Tsunami di Aceh, pada 26 Desember 2004 lalu. Dan alhamdulillah, daerah di mana Renal dan keluarga tinggal, tidak terkena dampak langsung dari bencana Tsunami tersebut. 

     

    Renal menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di Aceh Utara. Kesempatan kuliah di STIQ ZAD adalah pertama kalinya dia menginjakkan kaki di Pulau Jawa. Saat awal tinggal di Cipanas (Cugenang) Renal harus mengalami adaptasi cuaca lumayan serius. Sempat sakit dan selalu mengenakan jaket, untuk membendung hawa dingin. 

     

    Pemuda Aceh ini memiliki beberapa motivasi positif dalam studinya. Dia ingin mendalami Bahasa Arab, ingin menghafal Al-Qur’an, ingin bisa membaca kitab-kitab ‘Arabiyah, juga menimpa pengalaman menempuh studi di luar Aceh. 

     

    Dia sendiri sangat bersyukur karena bisa bertemu para pengajar Native Speaker dari negeri Arab. Selain ahli ilmu, pengajar itu juga berbahasa Arab sebagaimana di negerinya. 

     

    Kondisi berbeda dirasakan Renal dengan di daerahnya. Di sana masih sulit ditemukan perguruan tinggi, apalagi yang spesialis ilmu tafsir Al-Qur’an. Umumnya masyarakat di sana memegang kuat pemahaman yang diajarkan para Tengku (tokoh-tokoh agama). Menurut Renal, hal seperti ini perlu disikapi dengan kemauan berbaur, menjalin hubungan secara tulus, dan tentu saja bertahap. 

     

    Ke depan Renal berniat menuntut ilmu lebih tinggi lagi. Dia ingin meneruskan kuliah dan nantinya menjadi dai yang mumpuni dalam ilmu dana mal. 

     

    Pesan berharga disampaikan oleh Renal kepada masyarakat, khususnya generasi muda: “Kalau ada yang mencari perkuliahan, jurusan Tafsir STIQ ZAD adalah paling cocok.” 

     

    Dan ‘ajiib-nya, dari hasil studi yang telah dilaksanakan pada semester dua lalu, ternyata Renal meraih prestasi nilai IPK tertinggi untuk angkatannya. Subhanallah, semoga ilmunya berkah dan bermanfaat, amiin. 

     

    (Divisi Media Zad). 

    Penulis: dmz

Mari Berdonasi

Jagalah hartamu dengan zakat dan obatilah sakitmu dengan bersedekah

Copyrights © 2019 Yayasan Zad Al-Insaniyyah Cipanas. All rights reserved.